ruangbit.

Penilaian Siswa Online

Ruangbit – Kami melayani jasa pembuatan aplikasi penilaian siswa dengan layanan lengkap dan terpercaya, berikut ini kami sajikan tentang penilaian siswa online.

Pendahuluan

Selain pendidikan tatap muka, pendidikan jarak jauh online membutuhkan serangkaian kegiatan penilaian yang merangsang kemampuan siswa. Di bawah ini adalah beberapa kegiatan yang dapat dijadikan pilihan penilaian aktivitas siswa selama pembelajaran online.

  • Survey/Polling Online

Survei memungkinkan guru untuk mendapatkan umpan balik langsung dari siswa mereka tentang pengalaman belajar mereka. Survei dapat digunakan untuk mengukur segala sesuatu mulai dari kepuasan belajar hingga mengapa seorang siswa membuat pilihan selama pelajaran. Jajak pendapat online sangat menarik bagi siswa karena mereka dapat berbagi pendapat, membuat diri mereka didengar dan menyelesaikan masalah mereka dengan mudah. Guru juga dapat menggunakan pertanyaan dalam bentuk polling ketika ingin cepat menarik dan memusatkan perhatian siswa pada sesuatu yang penting atau mencairkan suasana selama kuliah atau wawancara online. . Yang kedua, guru hanya melakukan penyelidikan terhadap perasaan siswa.

Jadi bagaimana Anda membuat percakapan online? Misalnya, jika seorang guru mengatur pelajaran menggunakan Zoom, mereka dapat menggunakan alat pendukung bawaan untuk melakukan survei. Zoom menanggapi jajak pendapat ini. Ada juga platform online khusus seperti iSpring QuizMaker dan SurveyMonkey yang memungkinkan guru membuat, mengirim, dan menganalisis survei. Kahoot, Kuis, dan Mentimeter berbasis Gamification juga dapat berguna untuk penilaian berbasis survei.

  • Game Online

Aktivitas penilaian online berbasis game melibatkan pengubahan serangkaian pertanyaan tes menjadi game. Misalnya, permainan trivia mungkin menantang siswa untuk menjawab serangkaian pertanyaan dalam jangka waktu tertentu dan memberikan poin berdasarkan jumlah jawaban yang benar. Gamifikasi membuat penilaian menjadi lebih menyenangkan, bukan sekadar ujian. Gamifikasi dapat menjadi indikator yang baik untuk mengukur keterampilan dan pengetahuan saat ini. Selain itu, permainan telah terbukti meningkatkan pembelajaran dengan mendorong pengembangan keterampilan non-verbal seperti disiplin, pengambilan risiko, kerja sama, dan pemecahan masalah.

Jika Anda ingin melibatkan dan menantang siswa dengan cara non-tradisional, tambahkan aktivitas permainan ke dalam penilaian. Bermain game dalam sesi review sangat bagus untuk melatih kreativitas siswa. Di beberapa daerah, siswa mereka tampak unggul karena mereka menikmati bersaing dengan rekan-rekan mereka dalam pembelajaran gamified. Dengan melakukan penilaian online berbasis gamifikasi, guru dapat menggunakan Kahoot, Quizzes, Mentimeter, ProProofs Quiz Maker, Quizlet, GimKit, Formative, dan Plickers untuk menambahkan pengalaman bermain game ke ruang kelas online. Quizlet, Quizzes, dan Kahoot adalah aplikasi populer yang dapat digunakan guru untuk membuat pembelajaran interaktif dan penilaian berbasis game dengan cepat. Misalnya, Quizlet memungkinkan guru untuk membuat satu set kartu flash online untuk mengajarkan istilah dan definisi. Sementara itu, di Kahoot, guru dapat membuat kuis yang menarik dan membiarkan siswanya mencetak skor dengan menjawab dengan cepat dan benar.

  • Posting Forum

Forum adalah sarana diskusi online yang diselenggarakan di sekitar suatu topik. Ini bisa tersedia di kolom komentar YouTube dan blog. Di sini guru dapat meminta siswa untuk berkontribusi pada posting forum. Ini dapat menjadi cara terbaik untuk mengukur pemahaman mereka, membangkitkan minat mereka, dan mendukung pembelajaran mereka. Dalam kegiatan ini, siswa diberi pertanyaan berpikir kritis berdasarkan pelajaran, bacaan atau artikel. Kemudian guru meminta mereka untuk memikirkannya dengan menulis komentar. Mereka memposting komentar di forum dan rekan mereka diberi kesempatan untuk memberikan umpan balik.

Seorang guru dapat menggunakan metode ini ketika dia ingin siswanya berkomunikasi, berbicara dan bekerja sama sebagai bagian dari proses pembelajaran, sambil memeriksa apakah mereka memahami topik yang sedang dibahas. Jadi bagaimana Anda membuat aktivitas review posting forum? Mulailah dengan membuat laporan online Anda sendiri. Bagi pengguna aplikasi learning management system (LMS) seperti Ruang Guru dan Quipper, ada beberapa platform eksternal untuk melakukan kegiatan ini. Identifikasi tema atau tema umum yang dapat digunakan guru untuk menyelaraskan pesan. Tetapkan tujuan dan pedoman partisipasi yang menjelaskan standar yang dapat selaras untuk postingan (hormati orang lain, hindari bahasa kotor atau kritik pribadi, pornografi, SARA, dll.).

Paling sederhana memanfaatkan platform media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, Telegram dan grup WhatsApp untuk melakukan aktifitas penilaian berbasi posting forum ini. Selain tentunya memaksimalkan kolom komentar di YouTube, Zoom dan blog. Guru harus meninjau posting secara teratur dan memberikan umpan balik atau panduan yang membangun kepada peserta.

Bagi Anda yang sedang mencari jasa pembuatan aplikasi penilaian siswa, ruangbit membuka jasa pembuatan aplikasi penilaian siswa dengan kualitas terpercaya. Jika Anda ingin bekerjasama dengan kami dapat menghubungi WA : 0813-5799-3755.

Visit Us

PO Box 223158
Road Wordwide Country, USA

Email us

support@mail.com
creative@digital_agency.com

call us

+91-234-567-8900
+91-234-567-8999

get in touch