ruangbit.

Pengertian Media Pembelajaran Komik

Ruangbit – Kami melayani jasa pembuatan komik digital dengan layanan lengkap dan terpercaya, berikut ini kami sajikan tentang pengertian media pembelajaran komik.

Pendahuluan

Komik merupakan hal yang tidak asing lagi bagi Generasi X, Generasi Y dan Generasi Z. Generasi Z lebih banyak mengkonsumsi komik manga dan komik fantasi lainnya. Gen Y dan X menggunakan komik Legend, Epic (bagus), Fantasy, Religion, Hero (Heroic), dll.

Pada awalnya komik digunakan sebagai sarana hiburan, seperti yang disebut comicos dari bahasa Yunani yang berarti lelucon, dan yang lain diterjemahkan sebagai komedi. Dalam bahasa Belanda, komik dikenal dengan istilah “komiek” yang artinya komedian (Nurgiyantoro; 2013). Komik adalah cerita yang menggunakan gambar, dimana setiap karakter berdialog terus menerus dengan gambar lainnya. Secara umum, komik sering diartikan sebagai cerita yang mudah dicerna dan diilustrasikan dengan humor yang sering terlihat di majalah, surat kabar atau buku. Tapi ada juga cerita serius seperti komik biografi dan komik pendidikan. Dalam buku 1986 “Comics and Sequential Art”, Eisner mendefinisikan komik dengan judul buku yang ditulisnya Sequential Art, yaitu cerita yang mendramatisasi ide yang dibuat menggunakan gambar secara berurutan disertai dengan dialog. Selain itu, Mc Cloud mengatakan bahwa seni bergenre dan komik adalah simbol atau gambar yang disusun secara sistematis untuk menyampaikan informasi kepada pembaca atau mengekspresikan ekspresi estetis melalui penggunaan ruang dan gambar untuk menceritakan sebuah alur cerita.

Penggunaan komik sebagai media pengajaran sudah banyak dilakukan. Komik sebagai media pembelajaran artinya bahan ajar yang dibuat dalam komik dapat digunakan sebagai alat/media untuk memudahkan pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis komik seperti (komik edukatif/edukasi), perlu dilakukan langkah-langkah tertentu agar proses pengembangan media dapat efisien dan efektif.

Analisis kurikulum dan materi merupakan kegiatan mempelajari materi yang disajikan dalam pembelajaran dan kompetensi dasar yang diharapkan. Pemahaman keterampilan pembelajaran akan menentukan efektivitas media komik yang akan dikembangkan. Dalam mengembangkan media komik, pengembang pada dasarnya berusaha mengubah materi pembelajaran dari teks menjadi proses. Untuk itu pengembang dapat menggunakan analisis materi ini untuk mengukur keterampilan apa yang diharapkan dalam materi (kognitif, afektif atau psikomotorik.

Mengembangkan bahan ajar menjadi storyboard, menentukan panel pembuka, dialog, penutup dan setting cerita sesuai genre buku komik yang diinginkan.

 

Bagi Anda yang sedang mencari jasa pembuatan komik digital, ruangbit membuka jasa pembuatan komik digital dengan kualitas terpercaya. Jika Anda ingin bekerjasama dengan kami dapat menghubungi WA : 0813-5799-3755.

Visit Us

PO Box 223158
Road Wordwide Country, USA

Email us

support@mail.com
creative@digital_agency.com

call us

+91-234-567-8900
+91-234-567-8999

get in touch