ruangbit.

Aplikasi Pembuatan Game

Ruangbit – Kami melayani jasa pembuatan Game Sederhana dengan layanan lengkap dan terpercaya, berikut ini kami sajikan beberapa software untuk membuat game.

Pendahuluan

Memiliki ide untuk game yang telah dibuat selama bertahun-tahun? Bagaimana jika kita bisa mewujudkan ide itu? Saat ini, siapa pun dapat membuat video game dengan perangkat lunak yang tepat dan sedikit pengetahuan.

Tentu saja, itu tidak berarti pengembangan game itu mudah. Bahkan permainan sederhana seperti Flappy Bird membutuhkan upaya yang signifikan jika ingin nyaman dimainkan. Namun berkat perangkat lunak pengembangan game gratis, pembuatan game menjadi cukup efisien.

Berikut adalah daftar perangkat lunak pembuat game gratis terbaik yang dapat digunakan untuk mulai membuat game.

Construct 3

Tidak perlu pemrograman, Construct 3 adalah perangkat lunak pengembangan game terbaik untuk digunakan jika kita tidak memahami coding. Alat pengembangan game ini sepenuhnya digerakkan oleh GUI, artinya kita hnaya perlu drag-and-drop. Logika dan variabel game diimplementasikan menggunakan fitur desain yang disediakan oleh aplikasi itu sendiri.

Keunggulan Construct 3 adalah ia dapat mengekspor ke lusinan platform dan format yang berbeda, dan kita tidak perlu mengubah satu hal pun dalam gim kita untuk mengakomodasi berbagai opsi ini. Setelah game kita selesai, kita dapat mengekspor ke HTML5, Android, iOS, Windows, Mac, Linux, Xbox One, Microsoft Store, dan banyak lagi.

Construct 3 memiliki beberapa dokumentasi terbaik dan terlengkap untuk alat pengembangan game. Selain itu, ada ratusan tutorial yang akan membantu kita memahami konsep dari dasar hingga lanjutan, dan forum komunitas juga sangat aktif jika kita membutuhkan bantuan.

GameMaker Studio 2

Seret dan lepas atau kode. Seperti Construct 3, GameMaker Studio 2 memungkinkan kita membuat seluruh game menggunakan tidak lebih dari antarmuka drag-and-drop untuk variabel dan logika game. Namun tidak seperti Construct 3, GameMaker Studio 2 memberikan lebih banyak kekuatan melalui Bahasa Game Maker-nya, yang merupakan bahasa skrip mirip C dengan banyak fleksibilitas.

Setelah game buatan kita selesai, kita dapat mengekspor ke sejumlah platform dan format tanpa harus menyesuaikan kode kita: Windows, Mac, Linux, HTML5, Android, iOS, Nintendo Switch, PlayStation 4, Xbox One, dan banyak lagi. Sayangnya, versi gratisnya tidak mengizinkan ekspor ke platform apa pun.

GameMaker Studio 2 adalah versi Game Maker: Studio yang ditulis ulang dari awal, yang dimulai pada tahun 1999. Saat ini, ini adalah salah satu mesin pengembangan game gratis paling populer dan aktif yang tersedia saat ini. Versi baru dengan pembaruan fitur dirilis secara berkala.

Fitur-fitur canggih bawaan. GameMaker Studio 2 sangat bagus karena mendukung banyak fitur yang menarik, seperti kemampuan untuk menambahkan pembelian dalam aplikasi ke game, analitik waktu nyata tentang cara pengguna memainkan game, sumber kontrol, jaringan multipemain, dan ekstensibilitas melalui ekstensi pihak ketiga. Ini juga memiliki editor bawaan untuk gambar, animasi, dan shader.

Unity

Unity dimulai sebagai mesin 3D pada tahun 2005 dan akhirnya menambahkan dukungan 2D resmi pada tahun 2013. Sempurna untuk membuat game dari segala bentuk dan ukuran dari game kasual 2D seluler hingga mahakarya grafis yang memukau, ada kemungkinan besar kita telah memainkan game yang dibuat di Unity.

Unity tidak muncul dengan desain entitas komponen, tetapi memiliki andil besar dalam mempopulerkannya. Singkatnya, semua yang ada dalam game adalah objek dan kita dapat melampirkan berbagai komponen ke setiap objek, di mana setiap komponen mengontrol beberapa aspek perilaku dan logika objek.

Untuk memaksimalkan Unity, kita harus menggunakan C#. Kabar baiknya adalah Unity digunakan secara luas—di antara para penghobi dan pengembang game veteran—sehingga kita akan menemukan ribuan tutorial Unity yang bagus di seluruh web untuk membantu kita memulai. Unity sendiri juga memiliki banyak seri video mendalam untuk pemula, dan dokumentasi yang disediakan sangat bagus.

Unity memiliki dukungan ekspor terluas dari perangkat lunak desain video game gratis: Windows, Mac, Linux, Android, iOS, HTML5, Facebook, semua jenis sistem VR seperti Oculus dan Steam VR, serta beberapa konsol seperti PlayStation 5, Xbox Series X/S, Nintendo Wii U, dan Nintendo Switch.

Ingin sistem minimap di game? Bagaimana dengan solusi jaringan kelas komersial? Mungkin kita memerlukan model 3D, grafik HUD, dan tekstur lingkungan? Bagaimana dengan sistem dialog untuk RPG aksi-petualangan kita? Kita dapat memperoleh semua ini dan lebih banyak lagi di Unity Asset Store, dengan kemungkinan besar gratis.

Godot Engine

Seperti Unity, Godot mendukung pembuatan game 2D dan 3D. Aspek 2D dari pembuat game gratis ini dirancang dengan cermat sejak awal, yang berarti kinerja yang lebih baik, lebih sedikit bug, dan alur kerja keseluruhan yang lebih bersih.

Pendekatan Godot terhadap arsitektur game terbilang unik karena semuanya dibagi menjadi beberapa adegan. Di Godot, adegan adalah kumpulan elemen seperti sprite, suara, dan atau skrip. Kita kemudian dapat menggabungkan beberapa adegan menjadi adegan yang lebih besar, dan kemudian adegan tersebut menjadi adegan yang lebih besar. Pendekatan desain hierarkis ini membuatnya sangat mudah untuk tetap teratur dan memodifikasi elemen individual kapan pun kita mau.

Godot menggunakan sistem drag-and-drop untuk memelihara elemen adegan, tetapi masing-masing elemen tersebut dapat diperluas melalui sistem skrip bawaan, yang menggunakan bahasa seperti Python khusus yang disebut GDScript.

Godot dapat langsung diterapkan ke berbagai platform, termasuk Windows, Mac, Linux, Android, iOS, dan HTML5. Tidak ada pembelian atau lisensi tambahan yang diperlukan, meskipun beberapa batasan mungkin berlaku (seperti harus menggunakan sistem Mac untuk menerapkan biner Mac).

Godot mengulangi dengan sangat cepat untuk mesin game. Setidaknya ada satu rilis besar setiap tahunnya, yang menjelaskan bagaimana ia memiliki begitu banyak fitur hebat: fisika, pasca-pemrosesan, jaringan, semua jenis editor bawaan, debugging langsung dan pemuatan ulang panas, kontrol sumber, dan banyak lagi.

Godot adalah satu-satunya alat dalam daftar ini yang benar-benar gratis. Karena dilisensikan di bawah Lisensi MIT, kita dapat menggunakannya sesuka kita dan menjual game yang kita buat tanpa batasan apa pun. Kita bahkan dapat mengunduh kode sumber mesin dan memodifikasinya! (Mesin dikodekan dalam C++.)

Unreal Engine 5

Unreal Engine 5 dari Epic Games diumumkan pada Juni 2020, tersedia untuk pengembangan akses awal pada Mei 2021, dan rilis penuhnya diharapkan sekitar tahun 2022.

Dari semua alat dalam daftar ini, Unreal Engine 5 (UE5) adalah yang paling profesional. Yang dibuat dari awal oleh para genius di balik waralaba Unreal—orang-orang yang tahu apa yang dibutuhkan di mesin papan atas dan apa yang diperlukan untuk menghadirkan fitur generasi berikutnya. Mereka tahu persis apa yang mereka lakukan.

Salah satu prinsip penggerak UE5 adalah memungkinkan kita untuk mengulangi dan mengembangkan secepat mungkin, sehingga kita mendapatkan fitur seperti live debugging, hot reload, saluran aset yang disederhanakan, pratinjau game instan, ditambah ratusan aset dan sistem yang disertakan seperti kecerdasan buatan, sinematik alat, efek pasca-pemrosesan, dan banyak lagi.

Tidak perlu kode. Nilai jual unik UE5 adalah sistem Blueprint-nya, yang memungkinkan kita membuat logika game tanpa menyentuh kode apa pun. Ini cukup canggih sehingga kita dapat membuat seluruh game, bahkan yang kompleks, tanpa pernah membuka editor sumber. Tetapi jika kita ingin membuat kode Cetak Biru sendiri, kita juga dapat melakukannya.

Channel YouTube UE5 memiliki ratusan demi ratusan video yang membawa kita menelusuri setiap inci mesin, dan sebagian besar video tersebut berdurasi antara 20 dan 60 menit.

Semua mesin terbaik memungkinkan ekspor tanpa batas ke berbagai platform, dan UE5 tidak terkecuali: Windows, Mac, Linux, Android, iOS, HTML5, PlayStation 4, Xbox One, Oculus VR, dan banyak lagi.

Defold

Gunakan editor kode Defold untuk menambahkan logika khusus atau editor visual dan adegan untuk memasukkan aset langsung ke dalam game buatan kita.

Defold tidak terkecuali pada aturan bahwa perangkat lunak desain game gratis terbaik memungkinkan ekspor ke berbagai platform. Publikasikan game ke Nintendo Switch, Android, iOS, macOS, Linux, Windows, Steam, HTML5, dan Facebook.

Seperti GameMaker Studio 2, Defold mendukung sejumlah fitur lanjutan dari penyiapan tanpa memerlukan konfigurasi lebih lanjut.

Mesin ini memiliki dukungan 3D yang sangat baik, tetapi paling baik dioptimalkan untuk pembuatan 2D. Menggunakan sistem berbasis komponen, kita akan memiliki akses ke sprite 2D dan editor peta, model dan meshing 3D, dan berbagai efek partikel.

Tutorial, manual, dan forum Defold memiliki banyak informasi yang menunggu pengembang game pemula untuk mengambilnya dan melakukan peretasan. Forum dan FAQ sangat berguna untuk mengatasi hambatan tertentu; banyak pengembang memiliki masalah yang sama persis dengan yang kita hadapi, dan mereka menemukan cara untuk menavigasinya sehingga kita dapat mengikuti petunjuk mereka.

Defold adalah sumber terbuka dan gratis untuk digunakan, asalkan kita mendapatkan lisensi mereka (gratis di situs web Defold ) dan mematuhi standar lisensi. Defold tidak mengambil komisi dan tetap bebas untuk digunakan terlepas dari perhatian yang diterima game buatan kita.

RPG Maker MZ

RPG Maker MZ adalah pembuat game gratis yang hebat bagi mereka yang ingin membuat game tanpa harus mempelajari pemrograman apa pun. Gunakan editor peta, generator karakter, dan basis data untuk membuat RPG apa pun yang sesuai dengan imajinasi kita.

Jika kita ingin memasukkan kode khusus, kita dapat melakukannya menggunakan plugin—namun kita dapat menerapkan sebagian besar logika menggunakan sistem Acara asli tanpa kode yang diperlukan untuk RPG Maker MZ.

Kita akan memiliki ratusan paket aset untuk dipilih di Market Place di atas tekstur yang disertakan dengan pemasangan RPG Maker gratis. Kita dapat mencari musik, sprite karakter, desain seluruh level; apa saja dan semua yang kita butuhkan untuk membangun RPG ada di sini.

Kita akan menemukan lebih sedikit opsi ekspor dengan RPG Maker daripada alat lain dalam daftar, tetapi nama-nama besar masih tercakup: Windows, macOS, iOS, dan Android.

Ada uji coba gratis 30 hari yang tersedia sebelum kita diminta untuk membeli lisensi.

Cerberus X

Ringan dan Intuitif. Jika kita mencari pembuat game 2D yang ringan, Cerberus X (CX) telah membantu kita. Meskipun bukan klien tercanggih dalam daftar, ini adalah pilihan tepat bagi pemula untuk mempelajari dan membiasakan diri dengan bahasa pemrograman.

Gunakan Cerberus X IDE bersama-sama dengan API grafis yang kuat dan kerangka kerja Mojo untuk mendesain game dan mengekspornya ke PC Windows, macOS (10.15.x dan versi lebih lama), Linux, Android, iOS (13.x dan versi lebih lama), dan HTML5.

API dan kerangka kerja Mojo ini berarti kita tidak perlu melakukan banyak pengkodean untuk membuat game yang berfungsi.

Tutorial CX dan forum yang ramai adalah sumber yang sangat baik untuk mempelajari seluk beluk mesin, dan secara mengejutkan terpelihara dengan baik. Karena Cerberus X adalah bahasa modular, kita dapat mengimpor modul dari pembuat lain untuk digunakan dalam gim kita sendiri atau menyumbangkan kode ke pengembang lain! Cerberus X gratis untuk diunduh, meskipun kita dapat memberi nama harga sendiri dan mendukung pengembang jika kita mau.

Jika Anda tertarik untuk membuat Game tapi tidak tahu harus memulai dari mana, Ruangbit menyediakan jasa pembuatan Game sederhana. Anda dapat menghubungi no wa 0813-5799-3755

Visit Us

PO Box 223158
Road Wordwide Country, USA

Email us

support@mail.com
creative@digital_agency.com

call us

+91-234-567-8900
+91-234-567-8999

get in touch