ruangbit.

Unsur Dasar dalam Komik

Ruangbit – Kami melayani jasa pembuatan komik edukasi digital dengan layanan lengkap dan terpercaya, berikut ini kami sajikan unsur-unsur pembuatan komik.

Pendahuluan

Seperti yang kita ketahui, Komik adalah media yang digunakan untuk mengekspresikan ide dengan gambar, sering dikombinasikan dengan teks atau informasi visual lainnya. Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas tentang cara pembuatan komik. Tapi tentu saja, sebelum memulai membuat komik, kita juga harus memahami unsur-unsur dasar yang ada dalam komik agar kita bisa membuat komik yang berkualitas tiap panelnya.

Visual

Tidak seperti film, buku komik adalah media visual murni. Dengan demikian, narasi harus direncanakan dengan baik sejak sebelum ada kata yang ditulis di atas kertas. Beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam segi visual ialah;

  • Desain:  Pertimbangkan cerita kita dalam hal warna, desain karakter, gaya seni, pembangunan dunia, dll. Semua seniman buku komik yang berbeda yang mengerjakan sebuah proyek mau tidak mau harus menyetujui arah estetika yang akan diambil, dan itulah mengapa kita harus memiliki pandangan artistik yang tegas namun fleksibel.
  • Sequencing: Setara dengan editing film. Sequencing adalah bagaimana kita membedah waktu menjadi panel. Kita dapat memecah satu detik menjadi seratus panel yang berbeda atau kita bahkan dapat melompat ke depan beberapa milenium dalam satu halaman. Karena itu kita perlu memperhatikan ritme dan tempo cerita karena hal ini akan menentukan gaya visual dan keseluruhan pengalaman pembaca.
  • Tindakan di Luar Panel: Apa yang dibayangkan pembaca di luar panel bisa berkali-kali lebih berdampak daripada apa yang kita tunjukkan secara eksplisit kepada mereka. Bersikaplah strategis tentang informasi apa yang kita sampaikan secara implisit. Carilah keseimbangan yang tepat antara apa yang pembaca lihat dan apa yang mereka bayangkan. Untuk menjadi lebih akrab dengan ini, kita bisa mencari referensi dengan membaca novel yang menegangkan seperti novel horror dan sejenisnya.

Struktur Plot

Buku komik terlibat dalam cara mereka dikonsumsi. Seperti TV, setiap edisi menceritakan “episode” mandiri dari cerita yang lebih besar, yang pada gilirannya menceritakan bab tertentu dari kehidupan karakter atau kelompok karakter.

Di sisi lain, buku komik memiliki keuntungan karena mampu menembus banyak batasan gaya dan format. Besaran anggaran dan berbagai persyaratan produksi tidak berlaku untuk buku komik seperti yang berlaku untuk media lain.

Kita dapat bermain-main dengan lebih banyak kebebasan naratif tanpa kendala seperti tidak dapat mengatur adegan di luar angkasa atau memperkenalkan sebanyak mungkin karakter baru yang dapat kita tangani. Kendalanya, bagaimanapun, terletak pada struktur plot . Kita bisa saja memiliki karakter yang paling menawan dan setting yang paling menarik yang pernah ada, tetapi jika kita tidak memperhatikan setting cerita, maka karakter menawan kita akan kehilangan pesonanya.

Karena itu, kita harus bisa untuk menyusun narasi yang kompleks tanpa mengabaikan detail plot dari setiap masalah. Rencanakan distribusi ketukan, plot, subplot, setting, dan hadiah di sepanjang perjalanan dan jangan takut untuk mengacaukan segalanya. Terkadang kita perlu melepaskan ide favorit kita untuk membuat segalanya lebih jelas dan terkadang kita perlu menemukan kembali inti cerita sebelum maju ke tahap berikutnya.

Karakter

Konstruksi karakter yang menyeluruh sangat penting dalam semua jenis cerita. Setiap karakter dalam sebuah cerita adalah wadah untuk sudut pandang yang berbeda bagi pembaca. Buku komik, bagaimanapun, mengambil langkah lebih jauh. Anda harus mulai memikirkan karakter sebagai merek. Itulah bagian dari bagaimana nama-nama besar terus membanjiri seluruh industri hiburan saat ini.

Ketika kita mendengar nama Spider-Man, kita pasti langsung membayangkan berbagai alur cerita, penjahat, dan bahkan ukuran lensa mata Spidey yang berbeda. Karakter populer langsung dikenali tetapi secara naratif dan tematis kompleks. Mereka tidak akan bisa bertahan dalam sorotan begitu lama jika bukan karena keunikan dan latar belakang mereka yang rumit.

Saran penting bagi calon penulis buku komik adalah membiasakan diri dengan poin sebelumnya: penceritaan yang khas dari media tersebut.

Misalnya, Kita dapat menguraikan semua kemungkinan alur cerita yang mungkin mengikuti alur dari beberapa edisi pertama. Bahkan jika kita tidak berencana untuk memasukkannya dalam waktu dekat, buatlah beberapa antagonis dan karakter pendukung yang menjalani kehidupan mereka di luar cerita utama.

Dialog

Dialog adalah fitur penting lain yang menonjol dalam buku komik. Ini adalah pandangan dunia dari karakter yang dituangkan ke dalam kata-kata. kita dapat mengidentifikasi dialog yang baik ketika kita menulisnya di halaman kosong dan menarik pembaca ke dalam cerita dan memberi tahu pembaca informasi yang jelas tentang plot, tanpa perlu bantuan visual apa pun. Setiap kata harus memiliki tujuan yang memberi rangsangan emosional.

Dialog tidak tetap terisolasi dari elemen grafis lainnya. Ini secara permanen berinteraksi dengan keterangan, efek suara, perbatasan, dan jelas, balon kata-kata. Selalu pertimbangkan berapa banyak ruang yang mungkin diambil setiap baris.

Tentu saja, menulis paragraf dialog panjang bukanlah hal yang baik. Jangan anggap ini sebagai rintangan, karena penggunaan dialog yang cerdas dapat digabungkan dengan beragam sumber grafis untuk menghasilkan hasil dinamis yang menarik perhatian pembaca dan memperkuat gaya proyek.

Di sisi lain, dialog perlu mengomunikasikan cerita seyakin mungkin, tidak peduli seberapa kerasnya itu.

 Jika kita tidak dapat menemukan dialog yang bagus, cobalah untuk menceritakannya hanya melalui tindakan, mengubah adegan, atau bahkan memotongnya. Singkatnya, dialog idealnya harus:

  • Cukup ringkas untuk mengarahkan intinya.
  • Cukup realistis untuk mempertahankan penangguhan ketidakpercayaan.
  • Sama kuatnya dengan tuntutan saat itu.

Tindakan

Buku komik adalah lambang aksi, bahkan dalam genre yang paling introspektif. Gambar-gambar yang dilihat pembaca di setiap panel adalah momen paling mendebarkan dalam perjalanan setiap tindakan karakter dan setiap peristiwa cerita, tidak peduli situasi yang mereka wakili.

Berjalan-jalan di taman dapat membuat pembaca merinding jika dilakukan dengan benar karena tindakan tidak hanya berarti pukulan dan tendangan. Tapi juga gerakan dan energi pemandangan subjek yang menimbulkan kekuatan ke pembaca. Dan tindakan ini harus berdiri sendiri secara visual. Seperti dalam pembuatan film, kita akan menunjukkan, bukan memberi tahu.

Jika Anda berprofesi sebagai pengajar dan tertarik untuk membuat komik edukasi digital tapi tidak memiliki cukup waktu luang, Ruangbit menyediakan jasa pembuatan komik edukasi digital. Anda dapat menghubungi no wa 0813-5799-3755

Visit Us

PO Box 223158
Road Wordwide Country, USA

Email us

support@mail.com
creative@digital_agency.com

call us

+91-234-567-8900
+91-234-567-8999

get in touch