ruangbit.

Game Pembelajaran Interaktif

Ruangbit – Kami melayani jasa pembelajaran mengenai game pembelajaran interaktif dengan layanan lengkap dan terpercaya, berikut ini kami sajikan materi pembelajaran game interaktif.

Pendahuluan

Apa itu Pembelajaran Interaktif?

Pembelajaran interaktif adalah segala jenis pekerjaan sekolah atau rencana akademik yang menggunakan teknologi komputer untuk mengajarkan materi tertentu. Kelas Online dan ruang kelas virtual adalah contoh pembelajaran interaktif yang ekstrim. Di beberapa kalangan, pembelajaran apa pun yang dilakukan langsung dianggap interaktif. Meskipun aplikasi ini valid, biasanya dianggap ketinggalan zaman. Ketika akademisi modern berbicara tentang interaktivitas di kelas, mereka hampir selalu berbicara tentang teknologi dan biasanya berarti Internet.

Apa itu game interaktif?

Game interaktif adalah lingkungan yang kuat untuk belajar. Penelitian secara konsisten menemukan bahwa pemain mempelajari keterampilan, pengetahuan, wawasan, sikap, atau bahkan perilaku baru, dalam permainan yang menantang mereka untuk berpikir, mengeksplorasi, dan merespons. Bagaimana permainan merangsang dan mendukung pembelajaran? Pertimbangkan fitur berikut dari game yang dirancang dengan baik, ditemukan juga di lingkungan pembelajaran non-game terbaik. Biasanya, game pembelajaran interaktif menantang pemain untuk memecahkan masalah yang menarik. Pemain belajar sambil melakukan, dalam pengaturan virtual yang merespons setiap gerakan dan keputusan yang mereka buat. Mereka berinteraksi dengan lingkungan permainan, mengembangkan keterampilan untuk berhasil di lingkungan itu, dan melatih keterampilan itu berulang kali. Mereka memiliki kesempatan untuk bereksperimen, gagal, dan mencoba lagi sampai mereka berhasil, dan mereka menerima bantuan saat dibutuhkan.

 Game biasanya menyesuaikan dengan kemampuan pemain dan menjaga tingkat kesulitan dalam kisaran yang menantang tetapi bukan tidak mungkin bagi setiap individu. Pemain menerima umpan balik tentang kemajuan mereka dan mereka dapat melihat bagaimana pilihan mereka meningkatkan atau menghalangi hasil yang diinginkan. Mereka belajar apa yang dihargai dengan menerima penghargaan (misalnya, memperoleh poin atau status) atau hukuman (misalnya, kehilangan poin atau status) untuk keputusan dan kinerja mereka. Mereka juga dapat mengamati karakter panutan yang mengalami konsekuensi positif atau negatif untuk perilaku mereka. Dan, pemain sering berkolaborasi dengan orang lain sehingga mereka dapat belajar satu sama lain dan mengembangkan strategi untuk digunakan dalam permainan. 

Pendekatan yang mapan untuk mengajar dan belajar ini terjadi dengan tutor dan guru kelas yang terampil, dan juga dengan game pembelajaran interaktif. Penting untuk dicatat bahwa kapasitas permainan untuk mengajar tidak menjamin bahwa pelajaran mereka akan menjadi pelajaran yang diinginkan. Misalnya, industri hiburan telah menghasilkan berbagai permainan populer yang mempromosikan ketakutan, kebencian, dan kekerasan. Sebagian besar penelitian yang menyelidiki efek permainan pada emosi, sikap, dan perilaku pemain menyimpulkan bahwa pemain mempelajari pelajaran ini dengan baik, terkadang sampai pada titik perilaku antisosial. Di sisi lain, game yang dirancang untuk mengajarkan pelajaran yang lebih berharga juga bisa efektif, dan kurikulum game telah berkembang ke area topik dan aplikasi baru. Hampir semua pesan dapat disampaikan, dimaafkan, dan dilatih dalam game interaktif. Mengutip kutipan terkenal mantan Komisaris FCC Nicholas Johnson yang dibuat beberapa dekade lalu tentang efek televisi, dan mengganti “permainan” dengan “televisi, ” adalah adil untuk mengatakan hari ini bahwa “Semua permainan (interaktif) adalah permainan pendidikan. Pertanyaannya adalah: Apa yang mereka ajarkan?” Untuk mulai menjawab pertanyaan itu, dan untuk mempertimbangkan implikasi untuk desain game masa depan, artikel ini mengutip penelitian yang telah mengidentifikasi jenis pembelajaran yang menggunakan game dan, dalam beberapa kasus, bagaimana pembelajaran ini terjadi. Ini mengatur penelitian terkini tentang permainan dan pembelajaran interaktif ke dalam sembilan bidang:

  • Motivasi untuk belajar  
  • Persepsi dan koordinasi
  • Berpikir dan pemecahan masalah
  • Pengetahuan
  • Keterampilan dan perilaku
  • Pengaturan diri dan terapi
  • Konsep diri
  • Hubungan sosial
  • Sikap dan nilai

Jika Anda ingin memahami lebih dalam mengenai game interaktif, Anda dapat berkonsultasi langsung dengan ruang bit melalui no wa 081357993755.

Visit Us

PO Box 223158
Road Wordwide Country, USA

Email us

support@mail.com
creative@digital_agency.com

call us

+91-234-567-8900
+91-234-567-8999

get in touch