ruangbit.

Cara Membuat Karakter Komik Manga

Ruangbit – Inilah cara membuat karakter Komik Manga Digital. Mungkin orang-orang masih banyak yang belum mengetahui tentang komik manga atau juga bisa disebut dengan manga. Komik manga merupakan komik yang berasal dari negara Jepang. Biasanya creator membuat manga tersebut untuk dijadikan film kartun Anime yang dipasarkan secara global. Anda dapat membaca manga melalui Komiku, Mangaplus, dan masih banyak lagi.

Pendahuluan

Jika Anda datang hanya untuk membuat manga, Anda mendapatkan kesempatan untuk mengambil bagian dalam gaya luas yang menawarkan tradisi panjang dan banyak subgenre untuk menemukan ekspresi Anda. Ada beberapa pengaruh, sumber inspirasi, dan kemungkinan yang akan memungkinkan Anda untuk sepenuhnya menyesuaikan karakter yang Anda inginkan.

Dalam pembuatan karakter apa pun, penting untuk menata konsep awal saat Anda mulai menggambar. Menyelesaikan konsep karakter yang Anda inginkan mungkin membutuhkan banyak sketsa, iterasi, atau bahkan pose yang bagus. Meluangkan waktu kosong untuk menyempurnakan karakter Anda akan membantu Anda mencapai jumlah gaya dan cerita yang tepat dalam gambar Anda. Kunci menggambar karakter adalah menggunakan pose karakter yang tepat. Inilah Langkah-Langkah yang sangat mudah untuk membuat Karakter Manga Komik Digital:

1. Bentuk Pose Selera Anda Dan Brainstorm Karakter Yang Anda Inginkan.

2. Buat Sketsa Bingkai Gambar.

3. Buat Proporsi Secara Tepat.

4. Garis Besar Untuk Membentuk Layer Kulit.

5. Gambar Proporsi Wajah.

6. Tambahkan Dekorasi Rambut, Baju.

7. Rapihkan Garis Besar Anda Dengan Tinta.

8. Tuntaskan Kesempurnaan Bayangan Dan Warna.

9. Berikan Detail Pada Gambar Anda.

Untuk membaca cara langkahnya, Anda bisa simak bacaan berikut:

1. Bentuk Pose Selera Anda Dan Brainstorm Karakter Yang Anda Inginkan.

Brainstorming karakter Anda dapat mengambil banyak ide bentuk, termasuk menemukan referensi, inspirasi, dan mengenal tentang karakter Anda. Semakin Anda mengenal karakternya, semakin mudah Anda membuat visualnya. Inilah  alasan mengapa lebih mudah untuk memulai menggambar seni penggemar daripada menggambar karakter asli diri sendiri. Mereka yang Anda wakili dalam seni penggemar sudah memiliki cerita, postur, dan gaya yang dapat digambarkan. Jika Anda ingin membuat karakter asli, Anda harus mendapatkan ide cemerlang untuk menyerupainya. Ini ide yang mungkin akan menginspirasi Anda:

·         Postur tubuh apa yang Anda inginkan? Pose seperti apa yang ingin anda kembangkan?

·         Pakaian apa yang cocok untuk karakter Anda? Atau mungkin pakaian favorit Anda.

·         Rambut menarik yang Anda inginkan, mungkin anda bisa mencari referensi di film anime karena rata-rata memiliki rambut yang menarik.

·         Warna kulit yang cocok untuk karakter Anda.

·         Apa yang suka dilakukan akan menggambarkan seperti apa karakter Anda. Misalnya dengan sifat yang cool menggambarkan karakter yang keren.

2. Buat Sketsa Bingkai Gambar.

Setelah Anda memahami karakter Anda, Anda dapat beralih ke brainstorming komposisi Anda. Cara terbaik untuk memulainya adalah dengan membuat sketsa gambar rangka yang berbeda untuk karakter Anda. Ini adalah saat yang tepat untuk bereksperimen dengan pose, gerakan, dan aliran.

Anda pasti tidak ingin memulai dengan detail terlalu cepat. Pastikan gambar rangka Anda sesuai dengan yang Anda inginkan. Jika Anda memulai dengan bentuk yang baik, Anda bisa mulai dengan pijakan yang benar.

Salah satu cara umum untuk membuat gambar rangka adalah membuat pose menggunakan lingkaran untuk fitur utama, termasuk kepala, siku, tangan, kaki, dan lutut. Gunakan persegi untuk batang tubuh dan segitiga terbalik untuk panggul.

Anda dapat dan harus segera meningkatkan gaya Anda dengan memvisualisasikan gambar rangka ini dalam tiga dimensi. Ini berarti bahwa saat Anda menggambar lingkaran, buatlah lingkaran dengan detail rendah. Gambar panggul dengan kerucut lonjong dan buat dada persegi panjang agar lebih seperti kubus tiga dimensi.

Coba untuk menghindari menggambar karakter Anda secara langsung dari depan, coba dari samping terlebih dahulu untuk melatihnya. Sebagai gantinya, mulailah dengan menggambar mereka dalam tampilan tiga perempat. Ini akan membuat lebih mudah dalam mengekspresikan dimensi dan dinamika.

3. Buat Proporsi Secara Tepat.

Pilih sketsa bingkai favorit Anda dan koreksi proporsinya. Pada langkah ini, Anda akan mengubah bentuk dan dimensi bentuk yang digunakan untuk mewakili bagian tubuh. Jika Anda tidak tahu seperti apa bentuk bagian tubuh tertentu, carilah referensi foto untuk mendapatkan inspirasi dari referensi tersebut.

Ingatlah bahwa menggunakan bentuk primitif tertentu dalam sketsa awal ini secara simbolis menggambarkan karakter Anda. Misalnya, karakter yang memiliki kepala berbentuk persegi akan menawarkan nada yang berbeda dari karakter dengan kepala bulat atau segitiga.

Perbaiki rangka yang Anda gambar berdasarkan karakter. Karakter yang lebih kuat harus memakai bingkai yang lebih besar, sedangkan karakter yang lebih rapuh harus memiliki bingkai yang lebih tipis, lebih kecil, atau lebih panjang.

Secara umum, Anda juga dapat membedakan karakter pria dari karakter wanita dalam bingkai ini. Karakter wanita akan cenderung memiliki bahu yang lebih sempit dan pinggul yang lebih lebar daripada karakter pria. Kebalikannya akan berlaku untuk karakter pria, yang akan memiliki pinggul yang lebih sempit dan bahu yang lebih lebar dari karakter wanita.

4. Garis Besar Untuk Membentuk Layer Kulit.

Garis besar berfungsi untuk membentuk layer kulit untuk menjadikannya lebih jelas. Sebagian besar seni manga, garis besar yang bersih sangat penting. Ada baiknya sekarang untuk membuat garis luar yang membuat lapisan kulit Anda. Ini bukan garis besar akhir atau lapisan detail akhir Anda. Itu ada untuk referensi untuk meringkas semua pekerjaan dan anatomi yang sudah Anda buat sampai saat ini.

Lapisan kulit akan membuat sketsa Anda akan jadi terlihat bersih dan memberi Anda bentuk dasar untuk menggambar detail di langkah berikutnya. Cobalah untuk bisa melatih Anda mempertahankan tampilan tiga dimensi yang Anda buat di gambar rangka.

5. Gambar Proporsi Wajah.

Untuk menunjukkan arah mata, gambarlah garis simetri melengkung vertikal di bagian depan wajah. Ingatlah bahwa dalam kebanyakan kasus ini tidak akan berada di tengah langsung bola wajah Anda. Jika Anda menggambar dari tampilan tiga perempat, garis akan ditempatkan lebih dekat ke satu sisi. Dengan menggunakan garis horizontal, gambarlah sebuah lingkaran di kedua sisi garis simetri.

Perlu diingat bahwa mata manga cenderung terlalu besar. Perbaiki sedikit bentuk mata karena ini adalah bagian penting dalam menciptakan karakter. Mata yang sedikit terkulai ke luar akan terlihat lebih baik, dan mata yang memiliki sudut dalam yang menarik akan terlihat lebih agresif.

Selanjutnya, gambar lingkaran kecil di bagian bawah bola untuk memotong kerucut. Lingkaran ini mewakili lokasi bagian bawah hidung. Dalam sebagian besar seni komik, kecuali jika karakternya dirancang untuk memiliki hidung yang unik, bentuk hidungnya akan minimal, menggunakan satu lekukan atau garis.

6. Tambahkan Dekorasi Rambut, Baju.

Menggunakan garis luar lapisan kulit sebagai panduan, gambarkan pakaian karakter. Ingatlah bahwa kostum ini harus bergerak dengan karakter dalam pose untuk menciptakan gambar yang dinamis. Cobalah berkreasi dengan pakaian ini karena pakaian ini sangat membantu menambah minat dan mewakili cerita karakter Anda.

Gambarlah dalam bentuk rambut. Untuk seni komik, ini mungkin lebih penting daripada kehidupan, membuat karakter Anda sedinamis mungkin. Ingatlah bahwa bentuk rambut harus terlihat seperti karakter lain dengan gerakan. Juga, Anda dapat menggunakan rambut untuk menambahkan arah.

7. Rapihkan Garis Besar Anda Dengan Tinta.

Buat lapisan tinta yang sangat bersih dari garis besar baru Anda, pakaian, dan kulit yang terlihat. Detail garis halus, seperti lipatan besar pada pakaian, detail wajah utama, dan pola. Apa pun di latar depan gambar harus memiliki garis luar yang sedikit lebih tebal daripada yang ada di latar belakang. Demikian pula, gunakan lebar garis untuk menarik mata ke bagian paling penting dari gambar. Meskipun Anda ingin menjaga garis besar akhir ini tetap bersih, pastikan untuk tidak mengecualikan detail penting apa pun.

8. Tuntaskan Kesempurnaan Bayangan Dan Warna.

Anda sekarang dapat melukis atau menaungi gambar dalam hitam putih. Saat Anda menunjukkan bayangan, buat catatan sendiri tentang di mana sumber cahaya berada. Cobalah untuk menjaga bayangan tetap realistis, sehingga gambar Anda terlihat lebih dapat dipercaya. Akan sangat membantu untuk menggunakan referensi foto untuk bayangan jika Anda kesulitan memvisualisasikan di mana cahaya dan bayangan akan mengenai. Jika Anda bekerja dalam warna, hindari menggunakan warna hitam untuk shading. Rupanya, gunakan versi yang lebih dalam dari cara warna terlihat dalam cahaya.

9. Berikan Detail Pada Gambar Anda.

Gaya seni manga mengontraskan area detail minimalis dengan area detail tinggi. Dalam kebanyakan kasus, wajah dan kulit akan lebih minimalis memungkinkan semua detail difokuskan pada mata.

Untuk karakter Anda, pilih area dengan detail terkonsentrasi yang paling mewakili cerita mereka. Ini akan membantu membuat karakter Anda seekspresif mungkin.

Untuk kalian yang ingin mendapatkan ide untuk membuat komik manga ini, kami bisa membantu Anda. Dengan hanya menghubungi nomor yang tertera, Anda bisa kami bantu dengan sepenuh hati. No wa: 0813-5799-3755.

Visit Us

PO Box 223158
Road Wordwide Country, USA

Email us

support@mail.com
creative@digital_agency.com

call us

+91-234-567-8900
+91-234-567-8999

get in touch