ruangbit.

Pembuatan Game Pembelajaran Interaktif

Ruangbit – Game interaktif adalah permainan yang banyak melibatkan peserta dalam proses permainannya. Permainan ini bertujuan untuk merangsang sebuah  kreatifitas bagi anak-anak. Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasis permainan komputer dan video yang bersifat hiburan, ketangkasan, dan edukasi. Gamifikasi pendidikan adalah metode pengajaran yang mengharuskan peserta didik untuk berpartisipasi dalam kompetisi sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan . Ini telah menjadi alat sebuah aturan dan lazim bagi peserta didik untuk digunakan dalam pengajaran dalam beberapa tahun terakhir. Mengingat pesatnya perkembangan teknologi, peserta didik dapat mengharapkan guru/dosen untuk menggunakan alat ini dalam pelajaran/perkuliahan. Di bidang pendidikan, para peneliti sangat ingin menemukan strategi baru untuk memperkaya pengalaman belajar siswa, terutama dengan didorongkannya  teknologi ini di mana game edukasi adalah salah satu dari pembelajaran interaktif.

Apa tujuan dari Edukasi Pembelajaran Siswa?

 Tujuannya  adalah untuk mengetahui penggunaan game edukasi untuk meningkatkan efektivitas belajar siswa untuk mempelajari kursus pembelajaran dan pengembangan motorik. Pendekatan metode campuran kuantitatif dan kualitatif digunakan untuk mendapatkan wawasan tentang persepsi dan pengalaman siswa tentang game edukasi

Kapan  Game Edukasi Dimainkan?

 Sebagian besar game edukasi dimainkan di komputer selama berlangsungnya kegiatan kelas, tetapi tidak banyak yang dimainkan di perangkat seluler dan tablet. Karena hal ini dapat membatasi penggunaan permainan edukatif di luar kelas tradisional. Akibatnya, siswa mungkin tidak dapat mengambil manfaat penuh dari permainan ini. Perlu dicatat bahwa belajar dapat dilakukan di luar kelas, sehingga ketersediaan alat portabel ini dapat memenuhi kebutuhan siswa. Diyakini bahwa permainan edukatif yang memungkinkan siswa untuk “bermain” serta belajar dengan nyaman dan efektif dapat lebih bermanfaat bagi siswa, khususnya dalam masyarakat modern yang berkembang pesat ini di mana individu menghabiskan sebagian besar waktunya di ponsel mereka. Tingginya penggunaan ponsel dapat menunjukkan bahwa selain dikomputer game edukasi juga tersedia di ponsel. kesempatan untuk belajar di luar kelas akan meningkat karena individu mungkin lebih sering menggunakan aplikasi game edukasi karena kenyamanan mereka. Oleh karena itu, perancangan game edukasi berbasis android yang tersedia di perangkat android akan  menjadi salah satu kriteria dalam pembelajaran edukasi ini.

 Contoh / tipe game interaktif anak;

1.Matific , matific merupakan sebuah aplikasi yang menanamkan konsep matematika dasar kepada anak dengan objek yang umum dan dekat dengan anak.

2.Microduino , microduino adalah permainan balok-balok dengan berbagai bentuk yang bisa disusun satu sama lain. Permainan ini juga menanamkan pola pikir dan memperkenalkan prinsnip-prinsip logika

3.SabaQu , Permainan ini melatih anak dalam kemampuan daya konsentrasi, kemandirian, dan imajinasinya. SabaQu ini  mempermudah anak dalam belajar Bahasa Indonesia, Bahasa inggris, logika dan matematika.

Pembuatan game interaktif bertujuan untuk belajar  yang disesuaikan dengan materi pelajaran yang membutuhkan visual dan audio, juga sesuai dengan usia pengguna game tersebut. Ada kalanya dalam proses kegiatan belajar dan mengajar diperlukan cara yang lebih interaktif,agar para murid dapat memahami materi yang diajarkan. Selain itu, kegiatan akan lebih menyenangkan dan guru dapat mengetahui feedback secara langsung dengan para murid.

Kami dari ruangbit,membuka jasa pembuatan game edukasi yang dapat diakses di smartphone dan laptop peserta didik. Jika anda membutuhkan informasi layanan dapat menghubunggi kontak whatsapp di nomor 0813-5799-3755.

Visit Us

PO Box 223158
Road Wordwide Country, USA

Email us

support@mail.com
creative@digital_agency.com

call us

+91-234-567-8900
+91-234-567-8999

get in touch